Business

Siap-siap! Kota yang Mengapung di atas Air Ini Akan Diresmikan pada 2020

Ketika kita mendengar tentang kota yang mengapung di atas air, mungkin kita menganggapnya sebagai suatu hal yang mungkin hanya berada di cerita-cerita sains fiksi saja. Atau mungkin akan diasosiasikan dengan yang ada di Venesia. Akan tetapi, hal yang kita pikir mungkin hanya ada dalam imajinasi manusia itu ternyata akan menjadi kenyataan pada tahun 2020.

Institut Seasteading, sebuah organisasi nonprofit yang berbasis di San Fransisco, sudah merencanakan pembangunan kota terapung ini sejak tahun 2008 bersamaan dengan terbentuknya organisasi itu sendiri. Rencana itu sudah berhasil dijalankan hingga tahap di mana mereka telah mendapat persetujuan dari wilayah Polinesia milik Perancis untuk menjadikannya sebagai lokasi pembangunan kota.

Joe Quirk, sebagai ketua Institut tersebut, mengatakan dalam New York Times bahwa kota ini akan menjadi negara yang memiliki otonominya sendiri. Dia juga mengatakan bahwa salah satu visi pembangunan kota terapung ini adalah untuk menyediakan lingkungan baru yang bebas dari kendali para politisi negara-negara adidaya. Dengan demikian, segala undang-undang yang mengatur masyarakatnya pun tidak akan berlandaskan kepada negara tertentu.

Dilansir dari Mirror, institut yang membangun kota di atas wilayah Samudra Pasifik bekas jajahan Perancis itu menghabiskan kurang-lebih lima tahun untuk merancang kerangka kerja yang didasarkan kepada misi mereka untuk membuat tempat hunian di tengah laut yang nyaman dan juga aman karena pulau-pulau di sekitar sana saja selalu memiliki ancaman atas naiknya permukaan laut. Oleh karena itu, perancangan struktur kota ini pun harus digarap secara teliti agar nantinya kota ini bisa layak ditinggali oleh orang-orang.

Quirk mengatakan bahwa untuk pembangunan kota ini, dibutuhkan dana sekitar 167 juta dolar atau setara dengan 2,6 triliun rupiah. Seasteading sudah mendapatkan suntikan dana dari Paypal, namun mereka juga masih membutuhkan suntikan dana lainnya dan sejauh ini, mereka masih menggalang dana agar proyek ini bisa selesai tepat pada waktu yang direncanakan.

Tampaknya, kota ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk permasalahan pemukiman yang kian padat karena populasi yang membludak. Kamu penasaran ingin tinggal di sana, nggak?

Siap-siap! Kota yang Mengapung di atas Air Ini Akan Diresmikan pada 2020
Comments

Most Popular

To Top