Aneh Nyata

Nggak Cuma Segede Hulk, Pohon Ini Punya Bentuk Unik dan Hidup Ribuan Tahun!

Kalian pernah berkunjung ke Kebun Raya Bogor? Buat yang udah pernah, pasti tau dong kalau Kebun Raya Bogor ini punya koleksi tumbuhan yang banyak banget hingga mencapai belasan ribu jenis. Mulai dari berbagai macam pepohonan sampai bunga cantik, Kebun Raya Bogor punya semuanya. Nah, salah satu yang terkenal di KRB adalah pohon raksasa yang tingginya belasan meter.

Tapi, kalian tau gak sih kalau ternyata di belahan dunia lain tumbuh juga pohon raksasa yang ukurannya jauh lebih besar dari pohon yang ada di KRB. Hmmm, kayak gimana ya bentuknya?

Nggak cuma gede dan raksasa, di bawah ini sudah terangkum beberapa pohon yang bentuk juga uniknya. Kepoin ulasannya lebih dalam yuk, guys!

1. Pohon sirkus

Axel Erlandson adalah seorang petani yang hobi banget ngutak-ngatik pohon sampai pohon tersebut punya bentuk yang unik. Salah satu karya Erlandson adalah Pohon Sirkus, pohon yang mempunyai banyak lubang yang mirip seperti keranjang. Pada tahun 1985, seorang milyuner bernama Michael Bofante membeli pohon-pohon unik karya Erlandson dan menanamnya di taman Bofante, Gilroy, California.

2. Chapel Oak

Pohon yang satu ini punya bangunan gereja di atasnya. Kalo dipikir, emang agak rumit ya ngebangun sebuah gereja di atas pohon, tapi hal tersebut beneran ada lho di Perancis. Adalah Chapel Oak yang mempunyai bangunan gereja di atasnya sejak tahun 1669. Ketika gereja tersebut dibangun, Chapel Oak sudah berusia 500 tahun! Hmmm, berapa usia pohon ini sekarang ya?

3. Baobab

Kalau yang satu ini sih bisa disebut pohon raksasa. Pohon Baobab bisa tumbuh tinggi sampai 30 meter dengan lebar 11 meter. Tumbuhan asli Madagaskar ini mempunyai ranting-ranting yang melebar dengan unik dan cantik. Oh iya, gara-gara batangnya yang gede banget, Pohon Baobab bisa menyimpan 31,700 galon air lho!

4. General Sherman

Eh, ternyata ada yang jauh lebih besar nih daripada Baobab. General Sherman yang ada di Hutan Raksasa, Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat ini adalah pohon terbesar di dunia. Bayangin aja, pohon yang berusia lebih dari 2.200 tahun ini mempunyai volume mencapai 1.500 kubik dengan tingi 83,8 meter. Kebayang nggak tuh gedenya kaya gimana?

5. Chandelier

Sebenarnya Chandelier ini pohon biasa, tapi karena pohon ini punya lubang di bagian bawahnya yang gede banget, pohon ini jadi terkenal deh. Saking gedenya, lubang di Pohon Chandelier ini bisa dilewati mobil layaknya terowongan. Selain itu, pohon yang terletak di Leggett, California, ini juga punya ukuran jumbo.

6. Tule

Wah, ternyata nggak cuma pohon general sherman yang pantas dijuluki pohon raksasa. Pohon Tule yang tumbuh di Kota Oaxaca, Meksiko, ini juga punya ukuran yang bikin pohon ini disebut sebagai pohon raksasa. Diameternya aja mencapai 11,3 meter! Walaupun sudah berusia lebih dari 2000 tahun, pohon raksasa ini tetap tumbuh dan berdiri kokoh sampai saat ini.

Unik-unik banget ‘kan pohonnya? Mulai dari bentuknya yang nggak biasa, sampe ada yang tingginya mencapai puluhan meter. Bisa dipastiin tuh nggak akan ada yang mau manjat pohon setinggi 80 meter lebih. Semoga pohon-pohon ini tetap dijaga agar usianya semakin panjang ya sampai ratusan tahun berikutnya.

Nggak Cuma Segede Hulk, Pohon Ini Punya Bentuk Unik dan Hidup Ribuan Tahun!
Comments

Most Popular

To Top