Misteri

Kisah Makam Habib Salim dan Pohon Benda Mistis di Jeruk Purut

Salah satu makam di Tempat Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan, yang ramai diziarahi masyarakat dari berbagai daerah adalah kuburan keramat Syeikh Waliallah Wan Salim atau Habib Salim.

Habib Salim merupakan tokoh keturunan wali yang dikenal dengan nama Al Imam Al Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad Husain Ass Syafi’i Sunnira atau Mbah Priok.

Letak makam keramat tersebut berada di tengah-tengah TPU Jeruk Purut. Makam Habib Salim di dalam bangunan rumah berukuran sedang.

Di dalam rumah tersebut juga terdapat makam sejumlah anggota keluarga habib.

Untuk mengunjungi rumah makam Habib Salim, warga harus terlebih dahulu menyucikan diri dengan air wudhu.

“Boleh masuk, tapi sebaiknya harus ambil wudhu dulu di depan. Kalau nggak, ya dari luar saja lihatnya,” kata perawat makam.

Peziarah datang ke makam Habib Salim untuk berdoa dan meminta sesuatu di saa. Jika permintaan tersebut terpenuhi, peziarah akan datang lagi dengan membawa nasi kuning dan ayam sebagai selametan atau syukuran.

“Kebanyakan yang dateng ya pelajar, minta kelulusan. Tar kalau terkabul ya pada bawa nasi kuning entar selametan. Tapi dulu ada yang dateng bawa ayam,” kata perawat makam.

Selain makam keramat, di TPU Jeruk Purut juga ada pohon yang sangat terkenal. Namanya pohon benda.

Pohon benda memiliki aura yang sangat kuat. Konon, kata perawat makam, ada orang pintar yang melihat di pohon benda terdapat istana.

“Ada orang pinter yang pernah lihat di pohon benda itu kayak ada istana kerajaan gitu. Aura mistisnya ada yang bilang kuat sih di situ,” kata perawat makam.

Di pohon benda tersebut, konon terdapat sebuah keris. Keris ini dipercaya dapat memberikan kesaktian bagi orang yang dapat mengambilnya.

Kisah Makam Habib Salim dan Pohon Benda Mistis di Jeruk Purut
Comments

Most Popular

To Top