main_image_11489
Kuliner

Kalau Lagi Perang, Tentara Makan Apa Ya? Ini Ransum Tentara dari 8 Negara

Menjadi tentara adalah pilihan yang hanya akan diambil oleh orang-orang yang berani. Kenapa? Karena di balik tugas “melindungi negara” tersembunyi makna sesungguhnya, yaitu bersiap untuk perang pada situasi darurat, kapan pun, dan siap ditempatkan di medan perang mana saja. Sehari-hari boleh saja tentara hanya upacara, olahraga, dan jaga posko. Tapi ketika perang, mereka dihadapkan kepada situasi tidak terduga, mencekam, dan dapat berubah dalam waktu sekejap.

Makanya, dalam situasi perang, segalanya harus dilakukan dengan efisien, termasuk soal makan. Coba, apa nama bekal tentara waktu perang? Depannya R belakangnya M. Ranum, eh, ransum. Penasaran nggak sih apa isi bekal padat itu? Tenang, aneh.co.id sudah merangkum delapan isi ransum tentara dari berbagai negara untuk kamu. Iyaa…kamu…

1. Ransum Kanada: menunya berbeda setiap tahun. Wow, inovatif ya biar tentaranya nggak bosan

Di Kanada, ransum disebut sebagai Individual Meal Pack (IMP). Setiap porsinya mengandung 1.200 kalori. Padat nutrisi, mengingat kebutuhan kalori manusia per hari rata-rata hanya 2.000 kalori. Mungkin untuk jaga-jaga kalau nggak sempat makan lagi karena situasi darurat? Nah satu paket ransum prajurit Kanada terdiri dari satu menu pembuka, satu menu utama, satu menu penutup, beberapa jenis minuman, sekotak biskuit atau sebatang cokelat. Makanan intinya bisa mashed potato, sup krim atau nasi instan. Mereka hanya perlu merendam kemasannya dalam air panas selama lima menit dan ransum pun siap dimakan. Praktis, kan?

2. Jerman: ransum dengan banyak pilihan rasa selai

Di Jerman, ransum disebut Eimannpackung atau ransum tempur individual. Isi dari Eimmanpackung ini antara lain Tagliatelle bolognaise, sup goulash dengan kentang, tumis sayuran dengan tahu untuk vegetarian, sosis dan kacang lentil ditambah dengan roti dan selai dengan varian rasa bermacam-macam seperti selai rasa sosis, keju, keju dengan merica, dan buah-buahan seperti anggur, stroberi, hingga aprikot.

3. Perancis: negara dengan ransum ternikmat di dunia

Siapa sih yang nggak mau membela negaranya kalau dikasih makanan enak kayak gini buat dimakan selama perang? Melihat fotonya saja sudah bikin ngiler. Perancis selain terkenal sebagai negara penuh cinta, juga terkenal dengan kulinernya yang sedap dan nikmat, termasuk urusan ransum tentara.

Dalam satu set ransum, terdapat makanan pembuka dari pasta tuna, salmon, hati ayam, ikan makarel, duck mousse, daging rusa, daging kelinci. Disusul dengan makanan utama seperti ayam ala Afrika Utara, salmon dan nasi, kaserol sosis dan kacang, babi dan sayuran, babi kukus, salad babi, daging sapi muda dan zaitun, sosis dan kacang lentil. Dan tentu saja makanan penutup seperti 16 keping biskuit asin, permen karet, dan bubuk minuman seperti cokelat, kopi, teh dan krimer. Siapa yang mau sukarela jadi tentara Perancis?

4. Ransum tentara Estonia

Ransum tentara Estonia terdiri dari: Teh Earl Grey, saus Tabasco dalam botol kecil, kacang dan bacon dalam balutan saus tomat, biskuit serta Rowntree’s Tooty Frooties dilengkapi dengan pemanas agar dapat menghidangkan makanan dalam keadaan hangat dan enak disantap.

5. China: ransum sederhana

Seperti yang tertera dalam foto, ransum tentara Cina hanya terdiri dari nasi goreng sosis babi, sosis goreng telur, saus sambal, cake vanilla dan nanas. Kurang sayur nggak, ya, para prajurit di sana?

6. Kazakhstan: paket ransum komplit

Sebagai negara pengonsumsi daging yang cukup banyak, ransum tentara Kazakhstan juga terdiri dari daging rebus, nasi, sayuran rebus, jenis gandum millet, sampai pasta hati. Ada juga caviar, biskuit, dan selai sebagai makanan ringan.

7. Rusia: ransumnya nggak kalah enak dengan Perancis

Satu paket ransum untuk tentara Rusia berisi makanan yang bisa dimakan tiga kali untuk sehari penuh. Makanannya terdiri dari 250 gram daging, 50 gram pasta hati, 250 gram sereal, jus buah, cokelat, teh, kopi beserta krimnya, gula, lada, hingga permen karet. Enak juga ya.

8. Indonesia: yang penting nasi!

Kabarnya, ransum tentara Indonesia itu enak banget, lho. Seperti yang kita tahu, orang Indonesia kalau belum makan nasi dihitung belum makan, nggak kenyang. Makanya menu ransum tentara Indonesia semuanya nasi dengan variasi lauk yang berbeda-beda mulai dari daging cincang, empal daging, gudeg, ayam lada hitam, pepes ikan dan masih banyak lagi dikemas dalam kaleng. Tertarik terjun ke medan perang?

Gimana sobat kepo? Kepikiran untuk mendaftar prajurit? Atau ingin mencoba rasanya makanan yang ada di ransum tentara? Sayangnya penjualan makanan ransum memang dibatasi dan nggak boleh untuk umum. Bisa jadi ide buat bikin restoran bertemakan perang sih. Nanti makanannya disajikan dalam bentuk kemasan seperti ransum tentara dari seluruh dunia. Keren banget, tuh!

Kalau Lagi Perang, Tentara Makan Apa Ya? Ini Ransum Tentara dari 8 Negara
Comments

Most Popular

To Top