Pengetahuan

Hanya dalam Waktu 30 Tahun, Pria Ini Raih Ratusan Gelar Akademik

Tidak semua orang dapat meraih gelar akademik dalam waktu yang singkat. Bagi sebagian orang, mengumpulkan niat untuk duduk manis di hadapan berkas-berkas tugas akhir adalah sesuatu yang cukup sulit. Belum lagi dengan revisi yang akan menyambutmu saat berkas sudah diberikan kepada pembimbing. Ditambah dengan jadwal pembimbing yang sering kali tidak sesuai dengan jadwal sang pejuang tugas akhir. Berbagai tetek-bengek yang tidak diduga-duga kedatangannya, dapat menjadi faktor yang membuat pengerjaan tugas akhir semakin molor dari target yang telah ditentukan. Jika satu gelar akademik saja sudah membutuhkan perjuangan yang panjang untuk mendapatkannya, apalagi gelar akademik yang jumlahnya ratusan?

Profesor VN Parthiban adalah satu di antara segelintir orang yang tergila-gila dengan gelar akademik. Parthiban, yang saat ini mengajar di Chennai, India, memiliki 145 gelar akademik yang diperolehnya dalam jangka waktu 30 tahun. Hebatnya lagi, dia tidak berencana untuk berhenti mengejar gelar dalam jangka waktu dekat ini.

 

Parthiban mulai kesulitan menghentikan gairahnya untuk belajar semenjak dirinya merasakan perjuangan untuk mendapatkan gelarnya yang pertama. Faktanya, pada saat itu dia adalah mahasiswa yang memiliki banyak kekurangan, sehingga dia sering kali mengalami kegagalan dalam berbagai ujian. Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya dia pun berhasil lulus dan memperoleh gelarnya yang pertama. Namun, meskipun setelah itu dia sudah mendapatkan pekerjaan, hasratnya untuk belajar tidak hilang begitu saja. Dia pun memutuskan untuk kembali ke universitas demi mengejar gelarnya yang kedua sampai akhirnya dia berhasil meraih ratusan gelar berkat perjuangan dan semangatnya yang tidak mudah luntur.

 

Dalam wawancaranya di indiatoday.com, Parthiban menjelaskan bahwa setelah dirinya berhasil meraih gelarnya yang pertama, dia melamar ke berbagai institusi yang sekiranya tidak membutuhkan sertifikat kelulusan dari kampus sebelumnya. Hal itu dilakukan oleh dirinya agar dia bisa mengenyam  beberapa pendidikan sekaligus di tempat yang berbeda dalam jangka waktu yang bersamaan. Selama 30 tahun, dia terus belajar untuk berbagai ujian dan dia pun tidak berhenti memasukkan lamaran ke pelbagai institusi pendidikan.

Sejauh ini, Parthiban sudah memiliki 3 gelar magister di bidang sains, 8 gelar magister di bidang hukum, 9 gelar magister di bidang administrasi bisnis, 8 gelar magister di bidang perniagaan, 10 gelar magister di bidang seni, dan 12 bidang lainnya dengan jumlah gelar yang berbeda-beda. Saat ditanyai apakah ada subjek pelajaran yang tidak dia senangi, Parthiban ternyata menyebutkan pelajaran Matematika dengan nada yang lantang.

Meskipun dirinya memiliki kemahiran di pelbagai bidang, pada kenyataannya pria berusia 56 tahun ini tidak bisa memungkiri dampak negatif terhadap otaknya. Akibat dari penyerapan informasi yang terlalu banyak, Parthiban memiliki kesulitan dalam menghafal wajah dan nama seseorang. Bahkan, dia juga sering kali tersesat karena kesulitan dalam menghafal jalan. Saat ini, Parthiban adalah orang yang dengan pemegang gelar akademik terbanyak, setelah menyusul rekor yang dicetak oleh Luciano Baietti dengan 15 gelar akademik.

Hanya dalam Waktu 30 Tahun, Pria Ini Raih Ratusan Gelar Akademik
Comments

Most Popular

To Top