Teknologi

Di Jepang, Robot Serigala Digunakan untuk Menjaga Ladang dari Hama!

Masyarakat Jepang memang menggilai segala hal yang berbau robotik dan benda-benda berteknologi tinggi lainnya. Bayangkan saja, orang-orang Jepang bahkan sudah mengembangkan robot-robot cantik yang bisa digunakan sebagai teman bagi para pria yang kesepian. Fenomena itu membuktikan bahwa negeri Jepang mungkin adalah negeri yang paling maju dalam pengembangan teknologi robotnya.

Saat ini, Jepang sudah mengembangkan robot yang bisa digunakan sebagai pengganti orang-orangan sawah. Akan tetapi, bukannya membuat robot yang menyerupai orang, robot yang tengah dikembangkan ini berbentuk seperti serigala. Robot serigala ini akan diberikan tugas untuk menjaga ladang dari gangguan satwa-satwa liar seperti rusa, beruang, dan gagak. Dengan begini, para petani tidak perlu lagi membuat orang-orangan sawah atau melatih anjing ternak untuk melindungi lahan pencaharian mereka dari gangguan hama.

Diciptakan oleh produsen robot asal Hokaido bernama Ohta Seiki, robot ini sudah menjalani serangkaian uji lapangan untuk melihat apakah robot ini dapat melindungi ladang secara efisien. Sekilas, robot ini terlihat seperti replika dari siluman anjing, dengan mata berwarna merah dan taring-taring panjang yang nampak sering kali terlihat dalam cerita-cerita fiksi yang menampilkan makhluk-makhluk menyeramkan. Meskipun begitu, serigala ini hanya akan berdiam di satu titik saja seperti halnya orang-orangan sawah.

Dilengkapi dengan teknologi inframerah, robot ini dapat mendeteksi keberadaan makhluk hidup yang mendekati ladang. Saat itu terjadi, mata merah robot ini akan menyala dan kepalanya akan bergerak ke berbagai sisi untuk menciptakan ilusi bahwa robot ini benar-benar hidup. Dia juga akan mengeluarkan pelbagai jenis suara, mulai dari suara lolongan serigala, suara manusia, dan bahkan suara tembakan senjata. Jika pemiliknya tidak percaya dengan sistem pendeteksinya, pemiliknya dapat mengotak-ngatik pengatur waktu agar robot ini dapat aktif dalam beberapa selang waktu tertentu.

Robot ini sudah pernah dites di kebun botani Kaiyuen yang berada di Sapporo. Sejak robot serigala ini diinstalasi di sana, insiden yang berkaitan dengan hewan liar pun berkurang sebanyak 90%! Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa robot ini mampu bekerja secara efektif sesuai dengan program yang ditanamkan kepadanya. Sejak bulan September ini, Ohta Seiki sudah merencanakan pelepasan robot ini ke pasaran. Kabarnya, robot ini dibandrol dengan harga yang setara dengan 25 juta rupiah! Harga yang cukup jauh jika dibandingkan dengan orang-orangan sawah yang bisa dibuat dari bahan-bahan yang mudah ditemui.

Di Jepang, Robot Serigala Digunakan untuk Menjaga Ladang dari Hama!
Comments

Most Popular

To Top