Teknologi

6 Penemu Ini Menyesali Hasil Ciptaannya Sendiri, Kenapa Ya?

Menemukan sesuatu yang berguna bagi semua orang, tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi jika hasil penemuan kita itu berguna untuk kemaslahatan kehidupan manusia. Kamu pasti akan merasa bangga kan?

Tetapi tidak berlaku bagi beberapa penemu ini. Mereka malah menyesal dengan hasil ciptaannya. Ya, para penemu ini merasa menyesal telah membuat ciptaan mereka sendiri yang bahkan sangat terkenal di dunia. Beberapa alasannya karena penemuan mereka ini malah disalahgunakan untuk hal-hal buruk. Nah, penasaran dengan alasannya lebih lanjut? Yuk simak 6 penemu yang menyesali hasil ciptaannya sendiri seperti Aneh.co.id lansir dari laman Oddee, Rabu (13/12).

1. Mikhail Kalashnikov, penemu senjata AK47.

Sosok satu ini merupakan penemu senjata berbahaya AK47. Sebelum meninggal di tahun 2013, pria ini menyadari dan menyesal dengan senjata ciptaannya yang mengerikan itu. Saat menciptakan senapan itu, Kalashnikov tak pernah berpikir kalau ciptaannya itu menjadi senjata populer di kalangan geng, teroris dan bahkan diktator di seluruh dunia. Di saat terakhirnya, Kalashnikov mengirim surat untuk kepala Gereja Ortodoks Rusia dan mengajukan beberapa pertanyaan yang terus menghantuinya. Salah satu pertanyaannya adalah apakah dirinya patut disalahkan atas jutaan kematian yang disebabkan oleh senjata ciptaannya itu.

2. Alfred Nobel, penemu dinamit.

Di tahun 1860, ia berhasil menemukan cara untuk meledakkan batu secara cepat dan efisien. Awalnya, Alfred menemukan dinamit yang terdiri dari campuran nitrogliserin dan silika itu untuk mempermudah pekerjaan menghancurkan batu. Namun kini temuan Alfred itu malah disalahgunakan untuk melukai bahkan membunuh orang lain. Alfred pun merasa menyesal dan prihatin. Pada akhirnya, Alfred pun memutuskan bahasa sebagian besar asetnya diberikan untuk mendanai dan memberi penghargaan kepada orang-orang yang membuat perubahan serta penemuan positif bagi Bumi dan umat manusia. Itulah kenapa ada Nobel Award yang sangat terkenal.

3. J. Robert Oppenheimer, penemu bom atom.

Direktur Lab Los Alamos selama masa Perang Dunia II ini dijuluki sebagai Bapak Bom Atom. Saat itu dunia memang dipenuhi oleh perselisihan negara-negara, hingga akhirnya Robert dan rekannya menciptakan bom atom agar membuat dunia lebih aman. Sayangnya, apa yang dipikirkan Robert itu salah besar. Banyaknya kematian massal dan pemusnahan jutaan orang Jepang, membuat Robert sangat menyesal dengan hasil ciptaannya itu. Di tahun-tahun terakhir semasa hidup, Robert kerap berbicara tentang bagaimana perang telah membuat manusia mati rasa dan ia membuat kesalahan besar telah menciptakan senjata pemusnah massal.

4. Dong Nguyen, penemu game Flappy Bird.

Di tahun 2013 lalu, kamu pasti masih ingat bagaimana booming-nya game Flappy Bird. Hampir semua orang bermain permainan ini yang terkesan sederhana namun bikin ketagihan. Dong Nguyen sebagai penemu game ini malah merasa tak bahagia lho dengan ketenaran ciptaannya itu. Padahal di puncak ketenaran, Flappy Bird berhasil meraup uang USD 50 ribu per hari lho. Merasa ketenarannya itu telah mengusik kehidupan pribadi, Nguyen pun lembali menjalani hidup sederhana seperti sebelum Flappy Bird tenar. Dia nggak ingin merasa bersalah karena orang-orang terlihat kecanduan dengan game ciptaannya tu.

5. Ethan Zuckerman, penemu Pop-Up.

Jika ada satu hal yang paling mengganggu di dunia ini, Pop-Up salah satunya. Ya, bayangkan ketika kamu sedang sibuk membuka internet, tiba-tiba muncul halaman kecil di layar yang mengganggu pandangan. Tapi menariknya si penemu Pop-Up ini juga sama sebelnya lho dengan hasil ciptannya itu. Ethan dulunya bekerja untuk sautu situs web di tahun 90-an. Namun bisnis di tempat kerjanya itu mulai hampir bangkrut, dan di situlah Ethan menemukan Pop-Up. Awalnya dibuat untuk konten iklan, namun malah disalahgunakan oleh beberapa pihak. Hingga akhirnya Ethan berbicara dalam suatu wawancara untuk meminta maaf karena telah menciptakan Pop-Up.

6. Kamran Loghman, penemu pepper spray.

Loghman juga masuk dalam daftar penemu yang menyesali hasil ciptannya. Loghman dulunya bekerja di FBI di mana ia membantu membuat senjata apa yang kita kenal sebagai pepper spray atau semprotan merica. Ia bahkan menuliskan pedoman penggunaannya karena bisa sangat berbahaya dalam situasi tertentu. Awalnya, pepper spray dirancang untuk melindungi petugas hukum. Namun kini senjata itu disalahgunakan oleh orang-orang untuk berbuat kriminal

6 Penemu Ini Menyesali Hasil Ciptaannya Sendiri, Kenapa Ya?
Comments

Most Popular

To Top