efficient-weight-loss-660x400
Tips

6 Diet Unik Di Berbagai Negara

Menurut Astri Kurniati, Manager Nutrition and Health Science dari Nutrifood Research Center, banyak orang tergerak melakukan diet karena sejumlah faktor. Baik karena khawatir mengingat angka obesitas dan kegemukan terus meningkat. Juga karena banyak orang ingin langsing, agar bisa tampil lebih menarik menggunakan busana favoritnya selain terlihat lebih seksi. Bahkan ada juga orang yang melakukan diet karena anjuran dokter, dengan alasan kesehatan.

“Dengan berbagai pilihan diet, dan agar tak bingung memilihnya, setiap orang harus tahu cara membedakan diet, mana yang kurang sehat untuk tubuhnya di masa depan. Untuk itu, setiap orang semestinya memahami konsep diet sebelum memilih atau menjalankannya,” – Astri Kurniati

Nah kira-kira diet dari negara mana yang cocok untuk Anda? Berikut ulasan mengenai 6 Diet Unik Di Berbagai Negara.

LONG BREATH DIET – JEPANG


Meski orang Jepang terkenal memiliki tingkat obesitas yang rendah karena pola makannya yang sehat, ternyata mereka juga memiliki cara menurunkan berat badan yang unik. Salah satunya adalah Long Breath Diet.

Diet ini berawal ketika pencetusnya, aktor Ryosuke Miki, memulai melakukan latihan pernapasan setiap hari untuk mengurangi rasa sakit di punggungnya. Dari situ, ia menyadari bila bobotnya turun sampai 12 Kg selama prosesnya yang berlangsung 50 hari.

Dari sudut pandang ilmu pengetahuan dan kebugaran, pernapasan memang terbukti bisa membantu melatih otot core dan membuat Anda lebih bugar. Terlepas dari turun atau tidaknya bobot tubuh Anda.

DIET MATAHARI – TIONGKOK

Beda di Jepang beda juga di Tiongkok. Kalau di Tiongkok ada istilah Diet Matahari. Pada program diet ini, Anda diminta untuk melewatkan satu hidangan dan menggantinya dengan memandang sinar matahari selama 44 menit setiap hari.

Tujuannya adalah untuk menyerap energi matahari ke dalam tubuh. Para pelaku dietnya percaya bahwa hal ini bisa membantu mengurangi nafsu makan, meningkatkan kualitas tidur, serta meningkatkan kemampuan penglihatan. Lucunya, pelaku dietnya dianjurkan untuk melindungi kulit mereka, agar tidak terbakar sinar matahari. Unik bukan?

DIET MANUSIA SRIGALA – AMERIKA LATIN

Bukan kok, bukan berarti diet ini akan merubah Anda menjadi srigala. Diet Manusia Serigala atau yang dikenal juga dengan Diet Bulan ini menganjurkan pelakunya untuk makan sesuai dengan fase bulan berdasarkan prinsip gravitasi.

Pelaku diet ini mempercayai bahwa gravitasi bulan mempengaruhi kandungan air pada tubuh manusia, sehingga mereka bisa memanfaatkannya untuk detoksifikasi dan menurunkan berat badan. Diet ini dilakukan dengan puasa 24 jam saat bulan purnama dan menganjurkan mengkonsumsi makanan tertentu sesuai fase bulan.

Uniknya, walaupun namanya adalah Diet Srigala, tapi tidak ada hubungannya sama sekali dengan daging. Padahal seperti yang kita tau srigala sukanya makan daging ya.

DIET PITA – PRANCIS

Yap, seperti yang kita tau, Prancis merupakan negara yang wanitanya langsing-langsing. Ternyata mereka punya rahasia tersendiri. Wanita prancis selalu mengikatkan pita atau ikat pinggang di perut mereka. Jadi ketika mereka makan, dan merasa kalau pita atau ikat pinggang sudah mulai mengencang, berarti itu tanda untuk mereka berhenti makan. Wah bisa di coba nih ladies untuk kita mengontrol jumlah makanan yang masuk ke perut kita. Jadi tidak akan buncit lagi setelah makan.

DIET SANDWICH – SPANYOL

Kalau sebagian orang justru menghindari sandwich saat diet, beda hal nya dengan orang-orang di Spanyol. Mereka justru mengkonsumsi sandwich untuk diet. Eits tapi ada syaratnya, makanan yang ingin Anda makan harus muat di antara dua lembar roti sandwich. Roti yang digunakan pun harus merupakan roti gandum. Dan juga, Anda tidak boleh nyemil. Nah bisa jadi pilihan lainnya untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, tapi tetap merasa kenyang.

DIET KANGGURU – AUSTRALIA

Cara diet unik terakhir datang dari Australia. Seperti yang kita tau, Australia memiliki hewan khas yaitu Kangguru. Nah, cara diet ini ada hubungannya dengan Kangguru. Orang-orang yang melakukan diet Kangguru ini disebut Kangatarian. Yap, tidak salah lagi, para pelaku diet ini mengkonsumsi daging kangguru. Para pelaku diet Kangatarian ini hanya memakan daging kanguru di samping buah dan sayur. Di Australia, daging kanguru memang dijual bebas.

Daging kanguru dianggap lebih ramah lingkungan, karena mereka lebih mudah diternak, dijagal, dan diproses. Ditambah lagi, dagingnya kaya protein dan rendah kalori.

6 Diet Unik Di Berbagai Negara
Comments

Most Popular

To Top