088253900_1417498680-_79001580_tjipetir_tomquinnwilliams
Misteri

5 Misteri Indonesia Yang Pernah Hebohkan Dunia

Selain keindahan alamnya, Indonesia juga menyimpan misteri yang juga menarik untuk ditelusuri. Bahkan, tak hanya heboh di dalam negeri saja, ada juga misteri di Indonesia yang sempat menghebohkan dunia. Berikut ini 5 misteri Indonesia yang hebohkan dunia.

1. KAPAL OURANG MEDAN

Cerita kapal hantu Ourang Medan ini muncul pada tahun 1947. Saat kapal asal Amerika berlayar di Selat Malaka, kapal tersebut mendapatkan sinyal dari kapal dagang Belanda yang mengaku bernama Ourang Medan, hingga akhirnya mereka menuju ke sumber asal sinyal tersebut. Di sini kejanggalan mulai terjadi. Ternyata dari kapal Ourang Medan tersebut diketahui para kru dan anggota kapalnya sudah meninggal dengan kondisi yang mengenaskan. Yang menjadikannya misteri adalah sumber sinyal dari orang yang mengaku kru Ourang Medan tersebut. Siapa yang memberi sinyal jika semua awak kapal sudah meninggal? Hingga kini hal misteri ini belum terpecahkan.Cerita kapal hantu Ourang Medan ini muncul pada tahun 1947. Saat kapal asal Amerika berlayar di Selat Malaka, kapal tersebut mendapatkan sinyal dari kapal dagang Belanda yang mengaku bernama Ourang Medan, hingga akhirnya mereka menuju ke sumber asal sinyal tersebut. Di sini kejanggalan mulai terjadi. Ternyata dari kapal Ourang Medan tersebut diketahui para kru dan anggota kapalnya sudah meninggal dengan kondisi yang mengenaskan. Yang menjadikannya misteri adalah sumber sinyal dari orang yang mengaku kru Ourang Medan tersebut. Siapa yang memberi sinyal jika semua awak kapal sudah meninggal? Hingga kini hal misteri ini belum terpecahkan.

2. BALOK TJIPETIR

Sebuah balok berbentuk segi empat terdampar di Eropa, dan jadi pemberitaan hangat pada saat itu. Balok tersebut terdapat tulisan Tjipetir yang menjadikan petunjuk asal muasal balok tersebut. Lalu kenapa balok ini bisa sampai di Eropa? Setelah melakukan penelitian yang lama, akhirnya peneliti mendapatkan jawaban dari mana asal balok tersebut. Balok tersebut berasal dari kebun getah di Sukabumi, Jawa Barat. Setelah diteliti lagi, ternyata balok tersebut bukanlah getah karet, namun guta perca, atau getah perca yang lebih keras yang biasa digunakan kabel telegram di dasar laut. Benda tersebut ternyata ditumpahkan oleh kapal Jepang pada Perang Dunia I.

3. ORANG INDONESIA MOYANG PENDUDUK MADAGASKAR

 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of The Royal Society, mengungkap fakta bahwa nenek moyang penduduk Madagaskar adalah orang Indonesia. Para peneliti meyakini mereka adalah pemukim asal Kerajaan Sriwijaya 1.200 tahun lalu. Kemungkinan besar mereka sampai di Madagaskar karena faktor perdagangan, karena tidak ada bencana alam atau faktor lainnya saat itu. Namun tetap saja hal ini masih menjadi misteri, karena memang tak ada bukti konkret dan masih berupa kemungkinan.

4. MANUSIA HOBBIT DI INDONESIA

Pada tahun 2003 silam, pada peneliti dikejutkan dengan penemuan 9 spesimen tulang yang diduga sebagai manusia jenis baru. Serangkaian tulang ini ditemukan di dalam gua di Flores. Yang menjadikannya unik, tulang ini tingginya hanya berukuran 1 meter. Para peneliti menyebutkan bahwa tulang ini adalah evolusi dari manusia purba zaman dulu, dan ada juga yang menyebutkan bahwa tulang ini adalah kera pada zaman purba. Hingga saat ini peneliti belum menemukan kepastian dari tulang-tulang yang ditemukan tersebut, dan masih menjadi misteri apakah benar ada manusia Hobbit di Indonesia.

5. ATLANTIS ADALAH INDONESIA

Misteri yang terakhir adalah penemuan bahwa benua Atlantis yang hilang selama ribuan bahkan jutaan tahun akibat tenggelam di dasar laut, berada di Indonesia. Walau belum mendapatkan persetujuan dari pihak manapun, namun pernyataan ini banyak mengguncang dunia. Benua yang diungkapkan oleh Plato dalam bukunya yang berjudul “Timaeus Critias” membuat orang berlomba-lomba untuk menemukan di mana letak benua dengan peradaban maju melebihi peradaban pada masanya ini.

5 Misteri Indonesia Yang Pernah Hebohkan Dunia
Comments

Most Popular

To Top