Aneh Nyata

12 Rahasia Dunia yang Belum Terungkap Hingga Sekarang

Planet kita yang menakjubkan ini seolah tidak pernah berhenti membuat kejutan bagi penghuninya! Ada banyak fenomena dan tempat yang tidak bisa dianalisis atau dijelaskan.

Fenomena-fenomena itu masih menjadi teka-teki bagi umat manusia. Namun kehadiran mereka seolah terus memanggil kita untuk mencari jawabannya.

Lantas, apa saja fenomena-fenomena yang masih sulit dijelaskan itu? Berikut 12 fenomena yang masih jadi misteri, bahkan bagi para ilmuwan sekali pun, sebagaimana dilansir Brightside.me.

1. Batu-batu Raksasa Moeraki

Fakta paling menakjubkan tentang batu-batu besar ini adalah ukuran dan bentuknya. Bagaimana batu-batu yang muncul di sepanjang hamparan Pantai Koekohe di Otago, Selandia Baru, ini memiliki bentuk yang bulat sempurna? Masih belum ada jawaban yang jelas tentang keberadaan batu-batu raksasa Moeraki ini.

2. Migrasi Binatang

Migrasi binatang adalah fenomena alam. Hewan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, biasanya pada musim dan tahun yang sama. Meski begitu, para ilmuwan masih belum bisa menjelaskan fenomena yang menjadi naluri penting dalam pola genetis itu pada jenis burung, ikan, serangga, dan mamalia.

3. Sphinx Agung Giza

Ahli geologi asal Boston, Robert Schoch, awalnya menduga kepala Sphinx dibuat menyerupai bentuk kepala seekor singa. Namun kepala tersebut ternyata diukir sesuai dengan wajah misterius Firaun yang sedang tersenyum. Namun, hipotesis ini tidak didukung oleh bidang keilmuan atau dugaan Graham Hancock tentang korelasi 3 piramida dengan bintang-bintang konstelasi Orion di milenium ke-11 SM.

 4. Piramida Zawiyet el-Arya

Piramida Zawiyet el-Arya dilarang dikunjungi wisatawan selama beberapa dekade. Lorong setinggi hampir 23 meter di dalam piramida dibuat dengan menggali dasar batuan kapur padat. Yang membuat para ilmuwan heran adalah bagaimana orang-orang Mesir Kuno bisa membuat dinding lorong begitu halus tanpa menggunakan teknologi modern.

Dipercaya bahwa dasar dari piramida itu adalah makam seorang Firaun. Tapi ukuran lorong piramida itu jauh lebih besar dibandingkan dengan piramida-piramida lainnya yang sudah dikenal. Selain itu, orang-orang Mesir Kuno tidak pernah membuat makam berbentuk oval.

Bobot batu granit yang diletakkan di lantai piramida ini ukurannya sangat berat. Piramida Zawiyet el-Aryan tidak seperti piramida lainnya di Mesir. Hingga kini, para ilmuwan masih bertanya-tanya bagaimana dan mengapa bangunan itu dibangun.

5. Tarian Kunang-kunang

Alih-alih mengeluarkan cahaya kapanpun mereka mau, kunang-kunang dalam foto ini menyala pada waktu bersamaan setiap 1-2 detik. Mereka seolah menari sambil melakukan sinkronisasi. Jonathan Copeland, spesialis kunang-kunang dari University of Southern Georgia, mengklaim bahwa apa yang dilakukan kunang-kunang itu mungkin sebuah ritual khusus. Namun, tidak ada yang tahu apa yang menyebabkannya.

6. Batu Meredith

Batu ini ditemukan pada tahun 1872 selama penggalian di Kota Meredith di tepi Danau Winnipesaukee, New Hampshire, Amerika Serikat. Batu Meredith adalah sebongkah batu kuarsa dengan wajah di salah satu sisinya. Tidak pernah ada kuarsa di New Hampshire, jadi batu itu berasal dari tempat lain. Tanggal dan fungsi batuan ini juga masih belum diketahui.

7. Suara Misterius di Taos

Warga kota Taos di New Mexico, AS, selalu mendengar suara misterius berfrekuensi rendah yang tidak diketahui asalnya selama bertahun-tahun. Suara itu menyerupai suara kendaraan berat yang bergerak melalui jalan arteri, meski tidak ada jalan besar di dekat kota ini.

8. Labirin Batu di Bolshoi Zayatsky Island

Di Bolshoi Zayatsky Island, Arkhangelsk Oblast, Rusia terdapat labirin alami yang tersusun dari batu-batu. Tidak ada yang tahu fungsi pastinya, tapi jumlah ada satu teori yang cukup terkenal. Labirin itu mungkin telah digunakan untuk semacam ritual atau sebagai contoh untuk membuat jaring ikan.

9. Bangunan Beringkat di Ryukyu Islands

Pada tahun 1986, sekelompok penyelam menemukan sebuah konstruksi aneh yang menyerupai bangunan bertingkat di dekat pulau Yonaguni. Banyak yang menduga artefak yang terdiri dari batu dengan simbol, menara, dan dinding dengan relief binatang itu buatan tangan manusia. Para ahli masih berdebat soal topik ini.

10. Cahaya Merah di Atas Samudra Pasifik

Cahaya merah aneh ini pertama kali dilihat oleh Christiaan van Heijst. Saat terbang dari Hong Kong ke Alaska menggunakan Boeing 747-8, dia melihat cahaya merah di bawahnya. Cahaya ini muncul setelah kilatan petir muncul di kejauhan. Saat ini, misteri fenomena tersebut masih belum terpecahkan. Ilmuwan mengira itu mungkin merupakan refleksi dari letusan gunung berapi di bawah lautan.

11. Batu Bola di Bosnia

Batu bola itu kemungkinan buatan manusia purba sebagai simbol objek langit atau sebagai pembatas batas wilayah kekuasaan mereka. Namun, asal dari bola-bola batu raksasa ini yang juga ada di beberapa negara lainnya tidak diketahui dan masih menjadi misteri hingga kini.

12. Rahasia Mount Rushmore

Selama proses pembangunan monumen yang terkenal ini, arsitek Gutzon Borglum ingin membuat Hall of Chronicles di dalamnya . Untuk itu, dia menggali sebuah gua di belakang kepala Abraham Lincoln.

Pada tahun 1998, lebih dari 50 tahun setelah kematian Borglum, salinan dokumen penting dan memoar berbagai presiden ditempatkan di dalam aula yang belum selesai, yang sekarang berfungsi sebagai kapsul waktu.

Tidak ada yang tahu bagaimana gua itu digunakan. Ruangan itu telah dibiarkan kosong selama 50 tahun. Sebagian orang percaya di dalam monumen itu ada beberapa laboratorium rahasia.

12 Rahasia Dunia yang Belum Terungkap Hingga Sekarang
Comments

Most Popular

To Top